Senin, 26 Desember 2016

SISTEM PEREKONOMIAN

     Setiap negara memiliki sistem perekonomian yang berbeda-beda dan ada kalanya menggunakan sistem perekonomian berbeda. setiap perusahaan harus mengetahui dan mendalami sistem perekonomian mana yang dianut oleh negara dimana perusahaan berada agar dapat mempermudah memecahkan masalah operasional perusahaan sehari-hari. Campur tangan pemerintah di bidang perekonomian,peranan sektor swasta dalam memperlancar perekonomian, harus menjadi perhatian setiap perusahaan.
     Dalam hal ini ada beberapa bentuk sistem perekonomian dunia sejak dahulu hingga saat ini.

  • 1. Merkatilisme 

    Merkantilisme adalah praktik dan teori ekonomi, yang dominan di Eropa dari 16 ke abad     ke-18, yang dipromosikan lewat peraturan ekonomi pemerintahan suatu negara untuk           tujuan menambah kekuasaan negara dengan mengorbankan kekuatan nasional                   saingannya. 
    Berdasarkan faham merkantilisme, negara berusaha mendapatkan emas sebanyak-             banyaknya melalui Perdagangan Luar Negri.


  • 2. Kapitalisme

    Didalam sistem perekonomiann ini, seseorang bebas untuk memiliki kekayaan, memiliki       perusahaan, bersaing secara bebas dalam pasar,seseorang bebas dalam memilih dan         membuat barang/jasa yang diinginkan. Kebebasan ini disebut dengan "Leissez faire".           Seseorang bebas bertindak sejauh uang yang mereka miliki dan merupakan penggerak       utama dari kegiatan perekonomian kapitalis.


  • 3. Komunisme

    Didalam sistem perekonomian Komunisme, peranan pasar untuk menentukan arah               produksi hampir tidak ada. Jika perekonomian Kapitalisme disebut Ekonomi Pasar, maka     perekonomian Komunisme dikatakan Ekonomi Pemerintah yang bersifat totaliter atas           keputusan ekonomi yang dibuat. Disini hak milik seseorang yang dihapuskan, semua           masyarakat adalah karyawan negara.


  • 4. Fasisme

    disamping merupakan bentuk pemerintahan (diktator), Fasisme juga merupakan bentuk       perekonomian. Dalam Fasisme yang seringkali disebut Negri Usaha, Pemerintah memiliki     semua industri. Disini orang bebas memilih tempat yang diinginkan atas persetujuan             pemerintah.

  • 5. Sosialisme

    Di negara-negara yang menganut faham sosialisme, Pemerintahannya bersifat                     demokrasi.  Jadi, di dalam perekonomian sosialisme, seseorang secara relatif bebas             untuk memilih usaha atau pekerjaan yang diinginkan, tetapi pemerintah turut campur             tangan dengan berusaha menyesuaikan kebutuhan individu dengan kebutuhan                    masyarakat. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar