Senin, 26 Desember 2016

Teori Permainan dalam matematika


  • Jumlah pemain 
Permainan diklasifikasikan menurut jumlah kepentingan atau tujuan yang ada dalam permainan tersebut. Bentuk permainan yang sering dianalisis oleh teori permainan adalah bentuk permainan yang melibatkan dua kepentingan atau dua (kelompok) pemain.

  • Ganjaran (Payoff)
Unsur lain yang juga penting dalam pengklasifikasian permainan adalah "ganjaran", yaitu hasil akhir yang terjadi pada akhir permainan. berkenaan dengan ganjaran ini, permainan digolonng-golongkan menjadi dua macam kategori, yaitu permainan jumlah nol ( zero sum games) dan permainan jumlah bukan nol (non-zerosum games). Letak arti penting dari pembedaan kedua kategori permainan berdasarkan ganjaran ini adalah bahwa permainan jumlah nol merupakan suatu sistem yang tertutup, sedangkan permainan jumlah bukan nol tidak demikian halnya.

  • Strategi Permainan 
Pengertian strategi dalam teori permainan ini adalah suatu siasat atau rencana tertentu dari seorang pemain, sebagai reaksi aats aksi yang mungkin dilakukan oleh pemain lain yang menjadi saingannya.Jika pemain pertama memiliki m kemungkinan strategi dan pemain kedua memiliki n kemungkinan strategi, maka permainan demikian dinamakan permainan m x n.

  • Matriks Permainan
Setiap persoalan yang dianalisis dengan teori permainan senantiasa (dapat) disajikan dalam bentuk sebuah matriks permainan. Matriks permainan disebut juga matrik ganjaran adalah sebuah matriks yang unsur-unsurnya berupa ganjaran dari para pemain yang terlbat dalam permainan tersebut. Baris-barisnya melambangkan strategi-strategi  yang dimiliki pemain pertama, sedangkan kolom-kolomnya melambangkan strategi-strategi yang dimiliki pemain lain. denagn demikian, permainan strategi m x n dilambangkan oleh matriks permainan m x n.

  • Titik Pelana
Jika di dalam suatu matriks permainan terdapat sebuah unsur yang merupakan unsur maksimum dari minimal bari dan unsur minimum dari maksimal kolom sekaligus, maka unsur tersebut dinamakan titik pelana (suddle point). jadi, titik pelana adalah suatu unsur di dalam matriks permainan yang sekaligus merupakan maksimin baris dan minimaks kolom. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar